Mustika Web

Senin, 11 Juni 2012

Ikan Sarden sebagai Pengamis Umpan

Ikan Sarden sebagai Pengamis Umpan Mancing Ikan Mas

By : Gonday


ikan sarden sebagai pengamis umpan mancing ikan mas
Ikan Sarden sebagai Pengamis Umpan Mancing Ikan Mas
Suatu waktu, seorang teman mendadak mengajak saya memancing di kolam pribadinya, empangnya tidak terlalu besar sekitar 10 x 15m tapi cukup dalam berkisar 70 cm sampai 1,5 m, sumber air dari mata air, warna airnya hijau tua dengan dasar lumpur dan tidak pernah dikuras. Yang membuat saya tertarik adalah jenis ikannya campur, yaitu gabus, ikan mas, patin, nila dan lele. Karena mendadak,  saya tidak sempat menyiapkan umpan secara khusus, saya pikir nanti beli aja   di toko pancing terdekat. Ternyata di sekitar empang milik teman saya tidak ada toko pancing cuma ada toko ikan hias dan toko kelontong, akhirnya saya hanya membeli pelet koi yang merah,1 sachet susu dancow untuk aroma wangi dan juga untuk pengeras, telor ayam negeri 1 butir dan 1 kaleng Ikan Sarden sebagai Pengamis Umpannya. Rencananya saya akan membuat dua umpan dengan bahan ala kadarnya. 
Untuk umpan yang pertama saya gunakan Ikan Sarden Kaleng dan pelet koi merah. Pertama saya buka Ikan Sarden Kalengnya dan buang semua sausnya lalu direndam air panas untuk menghilangkan semua rasa bumbunya. Kemudian pelet merah koi saya seduh dengan sedikit air panas agar lunak dan bisa diuleni, selanjutnya keduanya saya campur sampai merata dan enak untuk dipasang di kail. 
Untuk umpan yang kedua saya gunakan 1 sachet susu dancow dicampur telor ayam negeri 1 butir dan sedikit sekali air panas supaya tidak keras ditambah dengan sepotong Ikan Sarden Kaleng sisa umpan pertama. Setelah selesai saya mulai mencari spot-spot yang diperkirakan tempat berkumpulnya ikan. Saya melempar bom dengan sedikit umpan jadi ke 3 titik yang jadi target, lalu saya mulai memancing di spot pertama, sampai kira-kira 15 menit umpan masih belum   dimakan dan tidak ada tanda-tanda kehidupan saya beralih ke spot kedua dengan memasang umpan Ikan Sarden dan pelet koi merah, tak lama pelampung mulai ngetrik halus kemudian tenggelam ah... sayang saya terlambat menggentak, penasaran saya lempar lagi ke spot tadi, benar saja pelampung kali ini ngetrik lagi dan tenggelam dengan sigap saya segera menggentak, ikan nila sebesar telapak tangan nyangkut di kail, lumayan tarikan pertama langsung masuk korang. 
Teman saya yang menggunakan umpan kedua yaitu campuran susu dancow + telor ayam + Ikan Sarden juga mengangkat seekor ikan lele yang lumayan besar sekitar 1 kg. Selanjutnya saya dan teman saya mulai bergantian menaikkan ikan di spot-spot tadi, dan perolehan akhirnya adalah 5 ekor ikan nila, 3 ekor ikan mas dan 6 ekor ikan lele dan 2 ekor anak ikan gabus seukuran jari.


1 komentar: